Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

CATATAN BERSERAKAN TENTANG SAHAM


Catatan berserakan tentang saham

Kalau main golf itu gampang, lapangan golf sudah tutup. Ganti jadi taman bermain.

Kalau dagang saham itu gampang, semua orang sudah kaya

Kalau gerak harga kedepan sudah pasti, bursa sudah tutup.

Bursa saham adalah dunia ketidak pastian.
Tantangannya adalah bagaimana mencari celah-celah kepastian diantara tumpukan ketidak pastian. Mencari kilas berkas cahaya dalam remang-remang malam.

Uncertainty is the business

Akhirnya yang menentukan adalah prospek. Bagus kalau jadi ahli prospek bisnis tertentu.


Fundamental adalah usaha memahami kondisi emiten. Utamanya kondisi keuangan.   Dan lain-lain.

Grafik harga adalah rekam jejak gerak harga. Grafik harga mencerminkan karakter dari saham tersebut. Ada yg liar. Ada yg kalem. Ada yang moody, dan sebagainya.

Grafik harga adalah sejarah. Masa lalu. Bukan masa depan. 

Mengamati grafik harga berarti mengamati karakter. 
Dengan memahami karakter berharap bisa menduga respons terhadap situasi di depan. Karena sejarah kadang berulang.

Gerakan dalam grafik harga selalu merupakan respons terhadap situasi di masa lalu. context dimasa lalu.

Bila gerak harga di pahami bersama sama dng context nya, barangkali bisa dikenali faktor-faktor apa saja yang berpengaruh kuat terhadap harga tersebut.

Bila faktor-faktor yang berpengaruh bisa dipahami, barangkali faktor-faktor itu bisa diduga masa depannya. Berguna utk memperkuat perkiraan kedepan.

Makin akrab dengan saham tertentu berarti makin akrab dengan context nya. Makin kenal dengan karakter dan faktor-faktor kunci nya.

Analisa Teknikal adalah analisa grafik yang dikembangkan untuk mencoba meramalkan gerak harga selanjutya. 

Analisa teknikal didasarkan pada sejarah, pada history

Para teknikalis percaya bahwa setiap perubahan situasi akan tercermin dalam gerak harga sehingga bisa diramalkan gerak berikutnya.

Tapi kalau siang nanti Kim Jong Un kirim rudal nuklir ke Korea Selatan, maka saham akan longsor tanpa aba-aba. Seluruh analisa teknikal jadi loyo ngga bersuara. 

Jadi kadang-kadang ada ya situasi-situasi macam begitu. Perubahan cepat tanpa aba-aba. Tapi tak selalu. Repotnya memang dunia semakin terhubung. Perubahan dimana saja punya pengaruh kemana-mana.

Serunya analisa teknikal ada pada kata uji

Uji support atau uji resistance. Pada saat uji tersebut, analisa teknikal hanya bilang kalau. Hanya menunggu. kalau tembus atau tak tembus. Setelah itu, analisa teknikal bekerja lagi.

Ramalan teknikal tidaklah pasti. Kalau pasti, semua orang sudah kaya. Dan bursa sudah tutup.

Tapi analisa teknikal sangat membantu mewaspadai moment. Waspadalah sesuatu sedang terjadi. Bahaya dan kesempatan ada disebelah mana. 

Lalu silahkan tentukan kebijakan anda sendiri, respons anda sendiri. Respons anda tergantung pada pengetahuan dan pengalaman anda. Bukan tergantung pada saran dari analisa teknikal.

Mengharapkan jawaban pasti dari analisa teknikal adalah seperti berharap menelan obat dewa yang menyembuhkan penyakit anda seketika. 

Analisa teknikal ibarat pedang di tangan waktu sedang bertempur. Anda hanya menang kalau bijak menggunakannya. Anda tidak langsung menang perang hanya karena bawa-bawa pedang. tapi, kalau mau perang, ya bawalah pedang
Kalau ngga bawa...yaaa..๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ

Kalau dagang saham itu gampang, segeralah berhenti berdagang. Karena disitu anda tidak punya daya saing. Anda hanya sama saja dengan semua orang lainnya. Anda tidak akan dapat apa-apa. You are not the winner.

Bursa saham hanya untuk orang yang menyukai tantangan.  Tabah menjalaninya. Tertarik memikirkan situasi dan prospeknya. 

Dagang saham cocok untuk pendaki tebing terjal. Yang tidak takut melihat tebing tegak mengancam. Yang sabar meneliti, mencari celah kecil, lintasan sempit utk naik keatas. Yg selalu hati-hati agar tidak jatuh kebawah. Tentu saja dagang saham perlu lebih pinter.

Karena dagang saham itu susah, disitulah anda punya kesempatan. Untuk beda dengan orang lain. Menemukan kesempatan dan memanfaatkannya.

Memang, tidak semua orang cocok. Mungkin hanya sebagian kecil yang cocok. Jangan kuatir, hidup ini luas. Saya juga masih pikir-pikir ...saya cocok nggak yaa ?? 

Pssst...boleh ngga setuju yaaa.ini cuma coretan-coretan iseng. Mana tau ada gunanya.

Oleh
Gustav Husein
Member Komunitas INVESTA

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget