Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

PT. DHARMA SAMUDERA FISHING IND, Tbk ( DSFI )

Para anggota Komunitas Investa / Investa Community dan nasabah BNI Sekuritas Semarang serta pembaca yang budiman,

Dalam trading saham di bursa yang bisa menghasilkan hasil / keuntungan yang besar itu tidak selalu harus dari saham Blue Chip, namun saham lapis dua dan tiga itu juga bisa menghasilkan spektakuler dengan catatan bisa masuk pada saham dan harga yang terbaik.

Pada kesempata ini saya mencoba membuat analisa tentang Laporan Keuangn PT.Dhamra Samudera Fishing Industries Tbk ( DSFI ) dimana saham ini termasuk kategori saham lapis tiga dengan harga saat ini dibawah Rp.150 ,- per saham.
Apakah saham perusahaan DSFI saat ini sudah bisa dijadikan pilihan investasi / trading ?? 

Pada Laporan Keuangan yang akhir Desember 2016 dan telah di audit oleh Akuntan menunjukkan perusahaan ini masih menghasilkan LABA OPERASIONAL Rp.14,3 milyar tetap[i turun dibandingkan th.2015 sebesar Rp.22.9 milyar. Penurunan ini akibat beban pokok penjualan yang meningkat lebih besar dibanding peningkatan Pendapatnnya. Sehingga sekalipun pendapatan naik tetapi hasil akhir Labanya akan menurun.  

Sedangkan LABA TAHUN BERJALAN menjadi Rp.5,7 milyar turun dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp.13,5 miyar serta LABA KOMPERHENSIF Rp.5,7 milyar lebih rendah dari th,2015 sebesar Rp.23,5 milyar karena pada lalu ada Laba yang berasal dari REVALUASI ASET (ini laba yang BUKAN dari Usaha) sebesar Rp.12,8 milyar.

DSFI sendiri PENJUALANYA 95% adalah ekspor dan sisanya ke Lokal dan dari rencana kedepan manajemen menjadi penjualan 80% ekspor dan 20% lokal.

Dari kajian tersebut saya membuat kesimpulan bahwa:

1. Penjualan menunjukkan peningkatan dibanding tahun lalu, ini penting karena penjualan merupakan pendapatan pokok.

2. Penurunan Laba dikarenakan peningkatan beban pokok penjualan yang lebih besar, namun perlu dicatat bawa perusahaan masuh tetap menghasilkan LABA.

3. Laba Kpmperhensif tahun lalu yang lebih besar karena adanya Laba yang berasal dari REVALUASI ASE, ini bukan komponen Laba Usaha.

4.Usaha sektor perikanan merupakan sektor usaha yang SANGAT DIDUKUNG Pemerintah.

5. Manajemen adalah figur2 yang sudah lama berkecimpung dalam bisang perikanan.

6. Perusahaan juga sudah beroperasional cukup lama.

7. Permintaan hasil laut baik dari luar negeri dan dalam negeri terus meningkat.

8. Belum banyak persaingan dari perusahaan sejenis.

Dari hal tersebut saya optimis Perusahaan masih bisa meningkatkan LABA USAHA kedepan apabila Manajemen bisa meniingkatkan penjualan dan lebih efisien serta menekan beban pokok penjualannya.
Saat ini harga saham DSFI Rp.127,- per saham merupakan harga terendah sebanding setahun yang lalu. Harga tertinggi selama setahun adalah Rp.198,- per saham dan apabila LK kuartal satu 2017 ini menunjukkan peningkatan LABA maka tidak menutup kemungkinan harga saham DSFI saya prediksikan dikisaran Rp.150,- .

Resiko tentu tetap ada namun dengan harga saat ini kemungkinan turun 15% dan naik 85%.  Disclaimer. 

Kami  INFOKAN bahwa PELATIHAN INVESTOR yang akan datang Tg 19 & 20 Mei 2017 di SURABAYA (Tgl,19 Mei untuk LIVE TRADING !! )
Bagi yang berminat silahkan daftar melalui WA 087700085334 atau email investa.p3m@gmail.com. (minimal 20 peserta).
Notes: buat investor yang ingin bergabung di grup Komunitas Investa bisa daftar ke no WA 087700085334. dengan menyebutkan nama, umur dan kotanya.
Mengingat kuota grup WA yang lama sudah maksimal maka kami sedang menyiapkan grup Investa yang baru, jadi mohon kesabarannya.

Salam,

Hari Prabowo ( INVESTA )
WA.087700085334
Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget