Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

HARGA SAHAM TURUN, HARUSKAH GALAU.. ??

Para anggota Komunitas Investa / Investa Community dan nasabah BNI Sekuritas Semarang serta pembaca yang budiman,

Sebagaimana kewajaran dalam setiap investasi saham yaitu NAIK atau TURUN, dan itu seharusnya sudah dipahami oleh setiap investor atau trader. Selain itu investor / trader juga harus mengetahui bahwa karakter investasi saham sangat berbeda dengan investasi yang lain apalagi deposito. Janganlah menjadi investor saham hanya diliputi kegalauan dan rasa was2 yang berlebihan sehingga terasa tidur tidak nyaman dan makan tidak enak apabila saham2 yang dibeli harganya sedang TURUN.

Sebagaimana pengalaman saya yang juga pernah "terjebak" dalam suatu saham ketika saham yang saya beli turun berlanjut sampai 5 bulan sehingga harga saham turun 30% dari harga saat belinya dan ternayata ketika harga saham itu naik hanya dalam waktu 2 pekan sudah melewati harga belinya semula.

Namun saya melihat kembali apakah saya salah memilih perusahaan yang sahamnya saya beli atau sekedar salah harga ?? karena saya membeli saham selalu saya dasari dengan Fundamental, Prospek dan juga Chart.
Saya berpikir kalau dasar utamanya adalah fundamental dan prospek sedangkan Chart (TA) sebagai acuan kapan saat beli dan jualnya, maka saya berpendapat kita hanya butuh "waktu menunggu" target hasil (gain) yang kita inginkan.

Karena pada dasarnya ada dua kesalahan utama dalam investasi yaitu kesalahan MEMILIH SAHAM PERUSAHAANNYA atau SALAH HARGANYA.
Jika salah HARGANYA namun pilihan PERUSAHAANNYA sudah benar maka suatu saat harga tersebut akan kembali lagi dalam waktu tertentu (tentu bisa cepat atau lama). Jadi kita cukup sabar dengan menunggu waktu, bila pembandingnya bunga obligasi 10% setahun bunga deposito 7% setahun maka bila harga sahamnya bisa naik 20% setahun walau pernah turun selama 5 bulan maka itu ujungnya kita telah berhasil memperoleh Gain / keuntungan dalam investasi di saham.

Lain lagi kalau kita salah mempilih perusahaan yang artinya kita telah memegang resiko yang besar dan bahkan bisa habis modal kita, sebagai contoh adalah perusahaan seperti KARK, SIAP, INVS yang saat ini malah sudah disuspen oleh pihak Bursa dan bahkan ada yang sudah didelisting. Contoh terbaru yaitu CPGT yang dipailitkan maka ini resiko ketika saham memilih perusahaan.

Sayangnya banyak yang mengaku sebagai investor tetapi pinginnya serba cepat, beli sekarang besuk harganya sahamnya naik tinggi !! Nah karakter investasi saham memang tidak seperti itu, kita memang mesti punya waktu menunggu bahwa nanti bisa lebih cepat ya itu lebih baik tetapi kita harus berpikir investasi di pasar modal itu investasi jangka panjang. Waktu yang membuktikan, apalagi kita juga punya strategi average down artinya kita membeli saham yang sama dengan diharga yang lebih murah sehingga menurunkan harga rata2nya. Ini tentu jika pilihan saham kita benar.

Jadi janganlah kita cepat galau jika berniat jadi investor saham, untuk itu pilihan saham memang yang utama, bisa terjadi penurunan harga untuk sementara tetapi jangka panjang  diharapkan akan menuai hasil.

Kami  INFOKAN bahwa PELATIHAN INVESTOR yang akan datang Tg 19 & 20 Mei 2017 di SURABAYA (Tgl,19 Mei untuk LIVE TRADING !! )
Bagi yang berminat silahkan daftar melalui WA 087700085334 atau email investa.p3m@gmail.com. (milinal 20 peserta).

Notes: buat investor yang ingin bergabung di grup Komunitas Investa bisa daftar ke no WA 087700085334. dengan menyebutkan nama, umur dan kotanya.
Mengingat kuota grup WA yang lama sudah maksimal maka kami sedang menyiapkan grup Investa yang baru, jadi mohon kesabarannya.


Salam,

Hari Prabowo ( INVESTA )
WA.087700085334

Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget