Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

PRESTASI PORTFOLIO VS IHSG

Para anggota grup Investa, para nasabah BNI Securities Semarang dan para pembaca yang budiman,

Kuartal pertama th.2017 telah berlalu, IHSG sebagai salah satu tolok ukur perkembangan Bursa tumbuh 5,12% selama semester pertama dengan posisi terakhir 5568. Bagaimana dengan prestasi Portfolio anda? bisakah melebihi pertumbuhan IHSG tersebut?. Para Manajer Investasi biasanya juga mengukur prestasi Reksa Dana mereka dengan besaran IHSG.

IHSG sempat penututan turun terendah dalam Kuartal kemarin di 5250 dan tertinggi 5592. Dengan pertumbuhan 5,12% tersebut tentu jauh lebih baik jika dibandingkan bunga Deposito yang berkisar 7% setahun. Tentu prestasi portfolio masing2 investor berlainan, saya berharap bisa lebih tinggi dari IHSG karena itu tidak menutup kemungkinan.

JIka pilihan saham anda "tepat sasaran" bisa jadi selama kuarta ini tumbuh 10% atau lbahkan lebih. Saham2 yang harganya tumbuh signifikan justru saham2 yang lapis dua dan tiga, pertumbuhan ada yang harganya bisa mencapai 50% sd 100% selama 3 bulan terakhir !!. Dan siapa tau andalah yang beruntung memilih saham2 tersebut.

Sebaliknya saya ikut prihatin bila portfolio anda masih dibawah 5% kenaikannya apalagi sampai minus duh... Ini semua selayaknya menjadikan para investor atau traders membuat evaluasi atas portfolio masing2. Apa yang salah kita coba perbaiki dan yang sudah baik kita pertahankan dan tingkatkan.
Tidak ada yang paling sempurna memang dalam hal trading saham ini, semua ada kelemahan dan keunggulannya. Maklum banyak faktor yang bisa menggerakkan harga saham dan itu tidak mudah diprediksi, tetapi kita yang sudah berniat investasi di Pasar saham harus senantiasa berusaha mencapai hasil terbaik.

Saya berusaha memberikan beberapa kajian melalui blog ini maupun WA grup Investa serta pelatihan2 diberbagai kota untuk para investor agar pengetahuan kita bertambah, sekalipun belum sempurna tapi moga2 bisa bermanfaat.
Pengetahuan tentang saham, startegi trading, Aksi Korporasi, Bandarmologi, Teknikal Analisis sampai Phsikologi trading diharapkan bisa cukup membantu dalam melakukan investasi. Selebihnya memang semua tregantung pada masing dalam menerapkannya.

Bagaimana kira2 prediksi IHSG Kuartal kedua ini?? Tentu tidak mudah menebak begitu saja karena saya juga harus melihat data besaran ekonomi makro, kinerja dan prospek Emiten serta kondis eksternal lebih dahulu. Namun demikian untuk sepekan kedepan ini sepertinya IHSG masih bisa tumbuh lagi dikisaran 5540 sd 5610.

Saham2 yang sedang dalam konsentrasi saya antara lain SOCI, MEDC, KBLI, INKP, SDPC, INCO, BBKP, ADRO dengan harga2 terakhir kemarin cukup menarik untuk trading pendek dan menengah. Dengan mendasarkan pada Fundamental, Prospek, Teknikal serta psikologi yang mapan moga2 anda bisa mendapatkan hasil terbaik.

Notes: buat investor yang ingin bergabung di grup Komunitas Investa bisa daftar ke no WA 087700085334. dengan menyebutkan nama, umur dan kotanya.
Mengingat kuota grup WA yang lama sudah maksimal maka kami sedang menyiapkan grup Investa yang baru, jadi mohon kesabarannya.

 Salam,

Hari Prabowo ( INVESTA )
WA.087700085334
Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget