Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

KAPAN KITA TEKAN GAS DAN REM DALAM TRADING

Para anggota grup Investa, para nasabah BNI Securities Semarang dan para pembaca yang budiman,

Sepekan kemarin IHSG minus 1,12% pada posisi terakhir 5616 setelah mengalami indek tertingginya 5680 pekan sebelumnya. Namun secara YTD dari awal tahun IHSG masih tumbuh.6% dan setahun terakhir tumbuh 16,35%.
Beberapa katalis yang menyebabkan IHSG melemah antara lain situasi Politik eksternal yang menghangat di Timur Tengah dan antara AS dan Korea Utara yang saling unjuk kekuatan militer.

Penurunan beberapa harga Komoditas seperti Nikel, Batubara, CPO juga mempengaruhi harga saham2 berbasis komoditas tersebut. Sebagian saham2 emiten seperti INCO, ADRO, ELSA, LSIP, AALI, ITMG sepekan kemarin rontok harganya.

Sorang investor / Trader memang dituntut banyak mendapatkan informasi tentang berbagai hal mulai dari ekonomi sampai politik, dari Informasi itu lantas dianalisa untuk mendapatkan keputusan apakah mau buy atau sell terhadap saham2 tertentu.
Sebagian saham mungkin akan negatif dengan satu informasi tetapi sebagian yang lain mungkin malah positif. Itulah SENI nya investasi di Bursa Saham.

Seabagi contoh harga minyak mentah dunia turun maka saham berbasis minyak bisa turun juga harganya tetapi disisi lain saham manufaktur atau angkutan bisa juga malah naik harganya. Intinya selalu ada yang negatip dan positip, sehingga apapun kondisi pasar maka kembali kepada cara kita membuat analisa dan menentukan pilihannya.

Bahkan kita juga harus paham tentang situasi Politik meski bukan seorang politikus, jujur saja kita hanya berkepentingan terhadap modal investasi kita agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan meminimalkan resikonya.
Sehingga jangan pernah berhenti belajar, jangan malas bertanya, jangan bosan untuk mendapatkan informasi.

Pekan ini saya kira kita harus terus memantau situasi baik eksternal maupun internal. Di Internal akan ada situasi politik yang perlu diperhatikan yaitu PILKADA di DKI, meskipun sifatnya hanya regional tetapi itu Ibu Kota Negara.
Jadi kita berharap semua semoga tgl.19 april nanti sitausi menjelang dan sesudahnya akan tetap aman dan terkendali.
Kita butuh semuanya aman, tenang sehingga iklim investasi tetap kondusif dan ekonomi bisa tumbuh dengan baik.

Lantas apa yang harus kita lakukan pekan ini?? terus terang saya sedikit mengurangi frekuensi dan volume trading sambil menunggu situasi bisa dipastikan aman. Namun demikian karena trading saham ini telah merupakan kegiatan pokok saya sebagai salah satu pelaku pasar maka tentu saya tetap melakukan trading sekalipun sedikit mengunrangi volume.

Bila saja ada saham2 yang menurut saya sudah terlalu murah dan saham tersebut mempunyai Prospek maka saya akan tetap masuk seperti INCO, ADRO, ELSA, GIAA, KIJA, KBLI, MCOR.

Semoga bermanfaat sebagai sajian TEH PAGI. Semuanya terserah anda masing2.

Notes: buat investor yang ingin bergabung di grup Komunitas Investa bisa daftar ke no WA 087700085334. dengan menyebutkan nama, umur dan kotanya.
Mengingat kuota grup WA yang lama sudah maksimal maka kami sedang menyiapkan grup Investa yang baru, jadi mohon kesabarannya.


Salam,

Hari Prabowo ( INVESTA )
WA.087700085334
Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget