Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

ROLLER COASTER APA DERMOLEN

Para anggota grup Investa, para nasabah BNI Securities Semarang dan para pembaca yang budiman,
 
Trading saham itu ibarat naik permainan Roller Coaster kita akan dibanting kanan kiri, atas bawah, disitu kita akan melihat karakter masing2. Ada yang berteriak histeris dan sebentar kemudian tertawa2 bagi mereka dan itu dianggap suatu kenikmatan tersendiri. Bagi orang yang tidak suka dengan kondisi seperti tersebut tentu bisa memilih permainan yang lain disesuaikan dengan karakter masing2. 
 
Demikian pula dengan investasi / trading saham ini, kita dipersilahkan memilih kesukaan masing2. Percaya atau tidak setiap saham juga punya "irama" masing2, ada yang kalem2 saja, ada yang bergejolak pergerakkan harganya. Kita juga bisa memilih mau "main" cepat atau lambat. Jangan memaksakan diri memilih saham2 yang tidak sesuai dengan karakter kita karena itu bisa menyiksa diri sendiri dan bahkan hasilnya kemungkinan tidak bisa maksimal. 

Sebagai contoh saja pergerakkan saham grup Bakrie tentu beda dengan saham TLKM atau BBRI, saham BUMI punya pergerakkan yang lebih agresif (volatile) dibandingkan TLKM dan BBRI. kita yang harus menyesuaikan diri apakah sanggup mengikuti pergerakkan saham yang agresif atau tidak. Jika kita bisa menyesuaikan diri silahkan trading tetapi sebaliknya jika tidak maka kita bisa memilih saham2 lain yang lebih sesuai dengan diri kita.

Investasi bukan untuk menyakiti diri sendiri tetapi untuk mendapatkan hasil yang wajar serta dilakukan dengan sehat dan nyaman. Untuk itu lakukan dengan modal yang sesuai kemampuan dan terukur, pengetahuan yang cukup serta psikologi yang stabil.
 
Selain itu pada dasarnya pergerakkan harga saham itu didasarkan kekuatan permintaan dan penawaran, tetapi ada saham2 tertentu yang pergerakkan harganya ditentukan oleh Bandar saham. Untuk itu sebagai investor retail kita harus mampu membaca pergerakkan saham tersebut apakah memang normal2 saja atau ada "kekuatan terselubung". Ini semua agar kita terhindar dari kerugian yang mungkin terjadi.
 
Sebagai tambahan menu pagi ini bagi yang senang berayun2 naik Roller Coaster silahkan ada beberapa saham yang berkarakter seperti itu yaitu saham Grup Bakrie BUMI, BRMS, DEWA, ENRG, BIPI. Sedangkan yang kalem tapi melangkah naik INKP, KBLI, DMAS, DGIK, BBTN, WSKT.
Silahkan sesuaikan diri dengan pilihan sahamnya

Notes: buat investor yang ingin bergabung di grup Komunitas Investa bisa daftar ke no WA 087700085334. dengan menyebutkan nama, umur dan kotanya.

Salam,

Hari Prabowo ( INVESTA )
WA.087700085334

Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget