Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

MENIKMATI "JANUARY EFFECT"

Para Investor yang tergabung di Komunitas Investa, para Nasabah BNI Securities Semarang dan para pembaca yang budiman

Bagi para Traders / investor (kususnya para pemula) setiap awal pekan selalu muncul pertanyaan "apa pilihan sahamnya dan berapatarget beli dan jualnya" namun yang amat penting adalah "KANAPA KITA MEMBELINYA DAN KENAPA MENJUALNYA".  Karena kita membeli saham itu tidak nampak di mata barangnya seperti apa sebagaimana kita membeli barang yang lain misalnya kendaraan, sepatu, HP yang kelihatan ujudnya, sehinga bisa tau ini kondisinya bagus atau buruk.

Saham itu adalah kertas berharga sebagai tanda penyertaan atau kepemilikan terhadap suatu perusahaan. Itu harus kita pahami sebelumnya sehingga kita tau posisi kita, harapan keuntungan kita sekaligus juga resiko kita jika memiliki saham perusahaan tersebut. Sebab jujur harus saya katakan masih banyak investor perorangan yang telah  mulai berani membeli saham di bursa tetapi sebenarnya belum paham betul mengenai saham itu sendiri hak dan kewajiban serta hal2 yang berhubungan dengan sahamnya.

Harap diketahui bahwa membeli saham itu kita bukan sedang berjudi tetapi sedang berinvestasi atau sedang berdagang yang mempunyai karakter "mempunyai harapan keuntungan sekaligus juga resiko yang tingi" 
Mari kita melakukan seleksi pilihan sahamnya untuk kita beli dan kita jual pada saat yang menurut kita itulah harga terbaik sehingga kita mendapatkan "keuntungan atau hasil" yang kita harapkan.
 
Maka sekali lagi jangan membeli seuatu yang kita tidak tau apa yang kita beli dan kenapa kita beli. Demikian pula kalau kita sudah membelinya maka kita juga mesti punya alasan kapan kita menjualnya dankenapa kita menjualnya.
Inilah yang sebenarnya harus terlebih dahulu kita pahami.
Masalah berapa lama suatu saham harus kita simpan itu sangat tergantung atas kondisi yang ada serta target kita masing2. Jadi saya tidak bisa mengatakan bahwa saham itu harus dipertahankan sekian lama, karena tidak ada jaminan semakin lama semakin bagus atau semakin buruk. Jadi kembali kepada situasi dan target kita.
 
Dengan mempertimbangakan sektor usaha, kinerja, chart, prospek  dan harga  serta informasi2 terbaru  berkaitan dengan emiten2 tersebut maka dalam pekan ini saya tertarik melakukan investasi / trading atas saham2 ERAA, NRCA, UNVR, JPFA, BJTM, ADRO, ELSA, WTON dan BWPT. 
 
Pekan ini saya kira bisa mencermati sinyal2 apakah investor asing yang beberapa waktu lalu banyak net sell akankah mereka masuk kembali sebagaimana prediksi saya yang lalu.  Untuk itu perhatikan saham2 BLUE CHIP karena disaham-saham tersebut asing biasanya akan memulai nya. Jika saham2 BC sudah mulai asing net buy maka itulah salah satu tanda2 asing akan kembali masuk ke bursa kita setelah liburan panjang akhir tahun biasanya pekan kedua bulan Januari akan ada semangat baru dan itulah salah satu alasan JANUARY EFEECT.
 
Catatan saya dalam bulan Januari lebih sering IHSG mengalami kenaikan dibanding akhir tahun sebelumnya. Sampai akhir pekan pertama Januari th ini IHSG sudah tumbuh 1,40% dengan kapitalisasi pasar Rp.5.827 Trilyun. Mari kita buktikan apakah sampai akhir Januari ini IHSG masih akan tumbuh. 
 
Selamat berinvestasi semoga happy cuan....
 
Notes: buat investor yang ingin bergabung di grup Komunitas Investa bisa daftar ke no WA 087700085334. dengan menyebutkan nama, umur dan kotanya.
 
Salam,

Hari Prabowo ( INVESTA )
WA.087700085334
Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget