Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

IHSG AKHIRNYA HIJAU

Para Investor yang tergabung di Komunitas Investa, para Nasabah BNI Securities Semarang dan para pembaca yang budiman,

IHSG akhirnya naik juga setelah 9 hari berturut2 turun, kemarin IHSG naik 75 poin atau 1,5% di level 5102. Beberapa saham yang kemarin saya muat di menu TEH PAGI seperti UNVR, ASII, CTRA, ADHI, SMGR BBTN, KIJA, mengalami kenaikan lumayan, kecuali BWPT yang sempat naik menyentuh target 300 tetapi ditutup turun. Saham2 tersebut menurut kajian saya memang selayaknya mengalami rebound dan bahkan untuk 3 bulan mendatang moga2 bisa mendapatkan hasil yang lebih baik kalau sabar menunggu.

Apakah hari ini IHSG akan kembali naik?? melihat pergerakkan kemarin serta melihat faktor eksternal dan harga komoditas seperti minyak dan CPO yang naik lebih 1% maka kemungkinan IHSG masih bisa menguat. Apalagi sinyal Window Dressing (WD) sudah mulai terlihat yaitu saham2 Blue Chip penopang IHSG dan banyak dipakai sebagai portofolio Reksa Dana naik cukup signifikan kemarin.
 
Pada ulasan saya poin 5 dan 6 juga telah saya sampaikan tentang WD dan Time To Buy (baca tulisan kemarin 27 Desember), dan prediksi saya masih akan berlanjut sampai akhir Desember 2016.
Investor asing memang masih nampak Net Sell di Pasar Reguler tetapi karena beberapa hari ini di pasar Nego asing net buy sehingga secara keseluruhan kemarin asing net buy 253 M.
 
Namun melihat penjualan asing mulai melemah dan mendapat perlawanan dibeberapa saham BC maka kemungkinannya lebh besar kalau hari ini IHSG akan berlanjut naik, dan prediksi saya dikisaranei5125 sd 5160 dengan saham2 unggulan yang saya sebut diatas masih bisa dicermati. Apalagi jika saham2 Bank BUMN juga bisa ikut naik tentu akan memperkuat posisi IHSG.
 
Buat investor yang mau sedikit bersabar dengan BUY saat ini dan HOLD setidaknya sampai akhir Januari / Pebruari  moga2 bisa menikmati gain lbh baik. Tetapi bila yang lebih senang trading pendek juga silahkan asal rajin menikmati monitor untuk melihat pergerakkan transaksi karena ini juga bisa menjadi lahan yang menarik walau butuh psikologi yang displin.
 
Saat2 ini baik investor institusi, retail dan juga para bandar sedang mengatur strategi untuk kepentingan masing2 tentunya karena akhir tahun merupakan bulan Laporan khususnya para Manajer Investasi dan Manajemen Institusi2 seperti Dana Pensiun, Asuransi dan lainnya. 
 
Bandar yang juga menerima "pesanan" dari emiten juga sedang bekerja keras agar target harga yang dipesan bisa terpenuhi sesuai kesepakatan tidak tertulis tentunya hehee.. Cerita tentang Bandarmologi akan saya lanjutkan lebih detail di Pelatihan2 yang kan datang supaya tidak salah paham. Moga2 bulan Januari nanti bisa terselenggara pelatihannya. 
 
Melihat harga minyak dan CPO semalam naik lumayan tetapi Nikel anjlok 3% maka silahkan cermati saham2 ELSA, MEDC, PTRO, AKRA, ADRO, BWPT, LSIP dan AALI sedangkan untuk INCO dan NIKL hati2 dulu.
 
Buat yang punya saham2 "pemalas"  karena jarang bangun silahkan ditukar ke saham2 yang lebih agresif dan prospek, ini saat terbaik menurut saya.
Agar punya rasa TEGA jangan lihat harga tetapi lihat prospek usaha perusahaannya kedepan. Tentang psikologi trading kita belajar di pelatihan juga yang saya kemas sederhana tetapi itu biasa terjadi pada investor.
 
Semoga badai, gempa  dan banjir segera berlalu dan Bursa kembali bisa menjadi sarana investasi yang menguntungkan, amin.

Notes: buat investor yang ingin bergabung di grup Komunitas Investa bisa daftar ke no WA 087700085334. dengan menyebutkan nama dan kotanya.
 
Salam,

Hari Prabowo ( INVESTA )
WA.087700085334
Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget