Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

SAHAM SIAP AUTO REJECTION 5 HARI, KENAPA??

Para pembaca dan nasabah BNI Securities Semarang yang budiman,

Dalam lima hari terakhir ini saham SIAP (Sekawan Intipratama,Tbk) terjadi terkena Auto Rejection batas bawah yg rata2 10%, sehingga jika sebelumnya harga 230 dan kemarin138 maka telah turun 43% selama 5 hari. Mungkin saja ada sebagian investor yang merasa dirugikan karena mereka tidak bisa menjual sahamnya walau mau cut loss sekalipun karena sejak pagi sudah terjadi AR batas bawah (populernya AR kiri).

Mungkin sebagian investor bertanya2 ada apa gerangan yang terjadi dengan transaksi saham SIAP ?? padahal saham ini cukup aktif dari sisi volume dan frekuensi transaksinya secara harian. Dalam th.2015 harga saham SIAP pernah mencapai 465.
Bagaimana Fundamentalnya?? dari Laporan Keuangan per Juni 2015, Total Asset nya ada Rp.4.9 Truyun tapi harap dicermati yang berupa Goodwill Rp.4,7 Trilyun berati asset lainnya CUMA sekitar Rp.200 milyar !!. Sedangkan Laporan Laba Rugi nya terjadi kerugian Rp,12,5 M dari sebelumnya Rugi Rp.3.1 M atau meningkat 3 kali Ruginya !!. Nah kalau anda sudah membaca lap Keuangan seperti itu masihkah anda berani berspekulasi di saham tersebut??

Sebagai pengamat saya juga tertarik mengamati dan mencoba menebak ada yg terjadi sehingga transaksinya terjadi AR 5 hari berturut2, Rumor yang terjadi saham ini banyak dilakukan transaksi REPO atau semacam gadai saham.
Peminjam dana menggadaikan saham ini ke investor dengan janji akan membeli kembali, misalnya dana yang dipinjam Rp.10 milyar dengan jaminan saham SIAP senilai Rp.20 miyar. Kalau ternyata sipeminjam tidak bisa mengembalikan dananya maka saham jaminan bisa di jual oleh investornya.

Nah salah satu kemungkinan yang terjadi dalam kasus Saham SIAP itu terjadinya gagal bayar oleh peminjam, sehingga oleh investor tadi sahamnya dijual di pasar untuk memperoleh uangnya kembali. Dengan berapapun harganya investor akan melepas saham tersebut dan akhirnya terjadilah AR kiri tadi.

Makanya buat teman2 investor ritel belajarlah...pahami transaksi saham baik dari sisi Fundamental, teknikal dan juga Bandarmologi !! ini semua demi menjada investasi anda. Makanya kami INVESTA selalu melakukan pelatihan2 bagi investor agar bisa membantu investor bertambah pengetahuannya.

Ingat di bursa ini kita ibarat mencari rejeki di dunia persilatan, dimana disitu juga ada golongan hitam yang mencoba mencari rejeki dengan cara2 hitam tentunya. Inilah perlunya kita harus punya jurus2 yang ampuh untuk mengamankan diri kita dan sebaliknya agar investasi kitabisa tumbuh dengan baik.

Saya tentu akan ceritakan lebih jelas pada kesempatan pelatihan yang akan datang semua trik bandarmologi yang mungkin belum anda ketahui termasuk modus2nya.
Jangan tinggalkan Fudamental Analisis untuk investasi anda karena itu sangat mendasar.

Salam,

INVESTA
Pin, 2b7dd5ee (wajib ketik "salam investa" setelah invite dan terkonfirmasi)
Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget