Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

PENJELASAN RIGHTS ISSUE ADHI

Pembaca dan Nasabah BNI Securities Semarang yang budiman

Sehubungan dengan banyaknya pertanyaan dari pembaca blog investalpppm.blogspot.com  tentang Aksi Korporasi saham AHI yang saat ini sedang memasuki perdagangan Right (HMETD), maka saya coba memberikan penjelasan sbb:

1. ADHI memberikan Right (HMETD) kepada pemegang saham yang memiliki saham tsb sampai tgl.30 September 2015 (dan yg beli di pasar tunai sd tgl.5 Oktober)  dengan ratio 1.250 : 1221 dng harga Rp.1.560,- per lembar, artinya jika anda memliki saham ADHI 1.250 lembar maka akan diberikan 1.221 lembar Right secara GRATIS. Nah tinggal anda punya berapa bisa dperhitungkan (kira2 hampir sama  satu banding satu).

2. Kalau anda saat ini sudah mempunyai RIGHT nya maka di saldo anda di sekuritas akan muncul Right tsb dengan kode ADHI-R sebanyak yang anda punyai seperti ratio diatas.

3. Anda punya dua pilihan yaitu akan "menebus" saham tersebut atau menjual nya di bursa. Jika anda akan menebus maka anda bisa bilang ke broker anda dan menyetorkan dana Rp.1.560 kali jumlah lembar Right yang anda punyai. (misal anda punya 10 lembar berarti 10 x 1.560) dengan demikian anda saldo saham anda bertambah saham ADHI sebanyak 10 lembar.

4. Setelah menebus maka anda bisa menjual saham ADHI tersebut di bursa seperti biasa yang kemarin harganya  Rp.1.985 per lembar. Dengan demikian modal anda berarti Rp.1560 dan bisa dijual sesuai harga pasar yang berlaku.
Jika harganya lebih tinggi dari 1560 maka anda bisa mendapatkan KEUNTUNGAN dari selisihnya, tapi kalau harga saham ADHI terus turun dibawah 1560 ya tentu anda akan rugi.

5. Namun jika anda setelah mendapatkan Right dari emiten dan anda TIDAK bermaksud menebusnya maka anda bisa menjual Right tersebut di Bursa yang kemarin harganya Rp.374 per lbr. Dengan menjualnya Right tsb berarti anda akan langsung mendapatkan Cash saat itu juga (karena Right berlaku pasar Tunai jadi hari itu jual hari itu pula anda dapat tunai).

6 Bagaimana jika anda belum punya Rightnya dan anda ingin memperolehnya? Anda tinggal beli Right tsb dibursa misal harga 374 dan anda bisa menebus sahamnya maka modal anda untuk memperoleh saham ADHI 374 + 1560 = 1934.
Disini anda punya spekulasi jika saham ADHI naik diatas 1934 maka anda akan beruntung dan sebaliknya he..hee.

7. Jika anda setelah membeli pun anda bisa menjua RIGHT kembali selama periode perdagangan sd tg.13 Okt  sehingga TIDAK HARUS menebus Sahamnya.  Paling sial kalau anda sudah membeli Right (misal harga 374) dan harga saham ADHI terus turun dibawah 1560 maka habislah uang anda hasil pembelian Right tadi karena harga Right akan menjadi 1 rupiah lhjo.

8. Bagiamana prospek saham ADHI, menurut saya kalau untuk jangka panjang sih Oke lah sebagai perusahaan kontraktor akan banyak peluang disaat ini guna membangun infrastruktur yang sedang digalakkan.

Demikian penjelasan dari saya sekedar membantu teman2 pembaca blog, makanya besuk kalau kami INVESTA sedang mengadakan pelatihan ikutan ya.. biar tambah pengetahuan secara menyeluruh tebntang seluk beluk investasi di pasar modal

Salam,

 INVESTA
Pin, 2b7dd5ee (wajib ketik "salam investa" setelah invite dan terkonfirmasi)
Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget