Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

DAMPAK REVALUASI ASSETS

Para pembaca dan nasabah BNI Securities Semarang yang budiman,

Dalam sepekan terakhir kemarin IHSG naik 2,9% dengan posisi 4653 setelah melalui koreksi sejenak pada kamis lalu. Selain faktor eksternal dimana rata Bursa Global dan Redional juga menguat dengan pesat bahkan DOW telah mencapai 17646 terus mendekati indeks tertingginya. 
Dari sisi internal kita tau banwa paket kebijakan ekonomi jilid V yang antara lain memberikan keringanan perpajakaan untuk merekan yang melakukan Revaluasi Asset yang semula 10% menjadi 3% jika melakukan pada tahun 2015 ini dan tertingi 6% jika melakukan tahun2 berikutnya.

Reveluasi asset adalah penilaian kembali atas nilai asset aktiva tetap yang smula rendah menjadi nilai sekarang, misalnya tanah yang dibeli perusahaan tahun 2000 sebesar Rp.200 ribu per m2 sekarang ternyata nilai pasarnya Rp.1 juta per m2. 
Kalau saja perusahaan melakukan revaluasi asset tersebut tentunya nilai aktivanya akan bertrambah / naik signifikan. Tentu ini akan membuat struktur keuangan perusahaan jadi lebih bagus. Untuk itu cermati saja emiten2 yang mempunyai assets aktiva tetap (misalnya tanah) banyak dan belum melakukan revaluasi.

Salah satu pandangan saya adalah KAEF atau PT.Kimia Farma, Tbk dimana KAEF ini mempunyai beberapa apotik yang tersebar di berbagai kota dan biasanya letaknya juga ditempat yang strategis. Tentu nilai tanahnya akan naik signifikan jika dihargai saat ini. Kalauu ini terjadi maka KAEF  saya prediksikan bisa melewati harga Rp.1000,- bahkan sampai Rp.1.100 per saham.

Pekan ini mulai 26 Oktober sd 30 Oktober 2015 saya prediksikan pasar cukup bagus, apalagi jika pelaksanaan paket ekonomi itu dijalankan secara konsisten termasuk perijinan bagi mereka yang membuka usahanya di kawasan industri akan dipermudah perijinannya. Dalam hal ini saya melihat prospek saham KIJA akan memperoleh berkahnya karena lahannya kemungkinan akan naik  penjualannya, jadi silahkan KIJA sebagai alternatif pilihan.

 Saham2 lainnya dalam pekan ini yang masuk radar pilihan saya antara lain SMGR, BBTN, ADRO, MLPL selain saham KAEF dan KIJA tadi. Prediksi IHSG dikisaran 4590 sd 4750. Jurus trading yang penting juga sebagaimana ditulis rekan saya Keneisha yaitu Kapan saat beli dan kapan saat jualnjya.

Salam,

INVESTA
Pin, 2b7dd5ee (wajib ketik "salam investa" setelah invite dan terkonfirmasi)
Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget