Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

BAGAIMANA REAKSI IHSG SETELAH PAKET EKONOMI?

Para pembaca dan Nasabah BNI SECURITIES Semarang yang budiman,

Paket kebijakan Ekonomi jilid tiga sudah resmi diumumkan, tidak jauh dari rumor awal yang sekarang sudah benar2 menjadi suatu informasi. Kemarin apa yang terjadi? IHSG ditutup masih naik tipis 0,1% setelah sebelumnya naik tinggi ditutup 4491 itulah suatu reaksi "Buy the rumor Sell the news". Jadi harga saham itu cenderung bergerak ketika ada rumor atau informasi awal namun begitu sudah menjadi kenyataan biasanya gerak harga itu akan berhenti sementara.

Yang penting bagaimana kelanjutannya? apakah hari ini dan selanjutnya kedepan IHSG akan lanjut naik atau koreksi? Jawabannya adalah IHSG akan  mengikuti realitas penerapan Paket Ekonomi tersebut dilapangan. Apakah benar penerapannya sesuai Isi paket tersebut atau hanya bosa basi diatas kertas saja.
Kalau penerapannya benar IHSG sebagai salah satu tolok ukur perkembangan perekonomian akan lanjut naik. Selain itu faktor eksternal juga punya pengaruh atas gerak IHSG.

Dari faktor eksternal nampaknya FED belum akan menaikkan suku bunganya dalam tahun ini, data ekonomi AS akan sangat menentukan keputusan FED..Jika data AS positif maka kemungkinan FED akan menaikkan suku bunganya dan bisa jadi ada arus dana dari negara berkembang ke AS. Itu yang sebenarnya dikhawatirkan banyak pihak terutama pelaku pasar.
Jadi penguatan IHSG dan Rupiah akhir2 ini selain menyambut Paket Ekonomi juga prediksi atas kemungkinan FED baru tahun depan menaikkan suku bunganya.

Kalaupun ada koreksi terhadap IHSG hari ini menurut saya koreksi sehat secara teknikal karena sudah naik terus dalam beberapa hari terakhir. Jadi silahkan saja bila harga kembali turun untuk menampung dibawah lagi untuk beberapa saham pilihan.
Memang yang agak mengkhawatirkan adalah Laporan Keuangan Kuartal III September 2015 yang kemungkinan banyak yang kinerjanya menurun karena menggunakan kurs rupiah tgl.30 September yang masih sekitar 14.600 sehingga kalau dibandingkan periode tahun lalu mungkin hasilnya akan terjadi selisih kurs yang besar dan menjadi beban beaya bagi perusahaan.

Kemarin saham ADHI berikut RIGHT nya terjadi frekuensi perdagangan yang ramai, dimana saat ini masih dalam masa periode perdagangan RIGHT sampai tgl.13 Oktober. Kalau melihat harga penutupan ADHI 2020 maka harga teoritis RIGHT adalah 460 (2020 dikurang 1560). Silahkan kalau ada yang mau berspekulasi dengan trading ADHI atau RIGHT nya sekaligus praktek pembelajaran, dengan jumlah yang terukur saja.
Saham2 yang saya cermati terutama kalau terjadi koreksi lagi INCO, JPFA, ELSA, BBTN, GJTL, Tentu dengan melihat perkembangan yang ada.

Salam,

  INVESTA
Pin, 2b7dd5ee (wajib ketik "salam investa" setelah invite dan terkonfirmasi)
Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget