Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

PENJELASAN LANJUTAN SAHAM BWPT DAN BWPT-R

Setelah Jum'at kemarin saya mencoba memberikan pemahaman kepada pembaca  terutama investor yang belum paham mengenai Right Issue BWPT.
Kemarin tgl.5 Desember adalah tgl.EX Right di PASAR REGULER. Apa yang terjadi kemarin ? harga saham BWPT langsung TURUN dibawah Rp.498, tetapi kenapa warnanya HIJAU?, bukankah warna hijau melambangkan harga nya naik??.
Ya jadi harga saham memang TURUN dibanding saat Cum (498) tetapi NAIK karena BEI mengukurnya dari HARGA TEORITIS yaitu Rp.414. (Baca ulasan saya tgl. 5 Desember). http://finance.yahoo.com/q?s=bwpt.jk

Bagi anda yang memiliki saham BWPT sampai tgl.4 Desember (tutup bursa) maka anda tentu akan mendapatkan Right yang akan diberikan tgl.11 Desember besuk (jadi bukan sekarang). Nah tgl. 11 Desember besuk silahkan tentukan anda baru jual Right anda tersebut di bursa atau anda akan menebus saham induknya.
Jika anda ingin mendapatkan uang tunai jual saja langsung, ingat Right HANYA diperdagangkan di sesi satu saja dan langsung hari itu juga sesi dua anda langsung dapat bayarannya (ini namanya pasar tunai).

Tapi kalau anda mau menebusnya ya silahkan langsung bayar Rp.400,- X Jumlah Right anda. Kalau harga saham BWPT di bursa lebih tinggi dari Rp.400,- ,(misalnya 450) maka sebaiknya anda menebusnya karena menguntungkan bagi anda. Namun kalau harga saham BWPT nanti turun dibawah 400 ya sebaiknya anda tidak usah membelinya karena anda akan rugi.
Jadi untuk menebus Right anda menjadi saham memang harus melihat harga saham BWPT di bursa sampai tgl.17 Desember sebagai batas akhirnya.
Sedangkan pada periode tgl.11 sd 17 Desember itulah terjadi perdagangan Rightnya. Harganya akan mengikuti pergerakkan saham induknya.

Kalau anda tidak punya saham BWPT saat ini tetapi ingin membeli saham BWPT tersebut dengan harga 400 per lembar ya anda mesti beli Right nya di bursa tgl.11 sd 17 Desember nanti. Atau anda beli saja saham BWPT di pasar saat ini tentu dengan harga pasar (bukan 400).

Sekedar prediksi nih rasanya saham BWPT akan kembali naik terutama setelah tgl.17 Desember sebagai batas akhir penebusan Right menjadi sahamnya.
Analisis ini sih gak pakai TA atau FA,  tapi logika sederhana begini; kalau harga sahamnya tgl. 17 Desember sampai dibawah 400 maka tentu investor publik gak mau menebus sahamnya yg harganya 400 bukan?? Lantas siapa pembelinya? ada yg namanya standbuy buyer atau pembeli siaga dan itu biasanya adalah mereka yang punya kepentingan dalam aksi korporasi ini.
Jadi kemungkinan dari skenario pertama ini pihak emiten akan berupaya agar harga saham BWPT bisa naik lebih tinggi dari 400 supaya investor mau merogoh uangnya lagi untuk beli saham tersebut dengan harga 400 per lembar.
Sehingga emiten mendapat dana baru 6 kali lipat dari modal lama karena 1 : 6.

Adapun logika skenario kedua, bahwa kita tau dulu rencana Aksi Korporasi ini banyak menimbulkan polemik dan terkesan merugikan investor karena harganya langsung anjlok sekitar 50% ketika rencana aksi korporasi ini dipublikasikan.
Nah kemungkinan emiten kini ingin membuktikan bahwa aksi korporasi ini bisa menguntungkan investor kalau mereka mau menebus saham dengan harga 400 per lembar. Sehingga dimata publik bisa mengembalikan citranya kembali kalau harga sahamnya naik kembali setelah masa aksi korporasi ini selesai.

Dari dua skenario itu logika saya mengatakan dan sekaligus merekomendasikan saya sendiri untuk membeli saham BWPT tersebut di Pasar paling tidak diharga maksimal 450 per lembar. tentu lebih rendah lebih baik sebelum tgl.17 Desember, tapi untuk mendapatkan harga 425 rasanya agak sulit sekarang.
Setelah mendapatkan sahamnya ya hold sejenak nunggu sampai tgl. 18 Desember, kalau logika / analisis saya benar maka harapannya harga saham BWPT ini akan naik diatas 450 per lembar.

He..hee namanya juga analisa bisa salah tapi bisa juga benar....kita tunggu saja. Paling tidak saya sudah berusaha sharing pengetahuan tentang Aksi Korporasi.
Mau tau lebih banyak tentang Aksi Korporasi ?? Daftarkan diri anda untuk ikut pelatihan dengan MEMBAHAS AKSI KORPORASI EMITEN UNTUK MERAIH GAIN DAN MENGHINDARI LOSS. Jika ada 15 peserta minimal akan saya selenggarakan di Jakarta, Surabaya, Semarang atau dikota manapun asal peserta 15 Orang minimal.
Silahkan daftar di email investa.p3m@gmail.com atau BBM pin 2b7dd5ee.

Salam,

INVESTA
pin 2b7dd5ee.
Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget