Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

HARGA TEORITIS SAHAM BWPT DAN BWPT-R (Right Issue)

Karena masih ada beberapa pembaca blog investalpppm.blogspot.com yang mempertanyakan tentang Right Issue (RI) / HMETD saham BWPT maka saya berusaha sharing pengetahuan tentang hal tersebut terutama kepada para investor baru.
BWPT memutuskan bahwa RI dengan perbandingan setiap pemilik 1 saham lama akan mendapatkan 6 HAK untuk membeli saham baru dengan harga 400 setiap lembar sahamnya (1:6) dengan CUM Right tgl.4 Desember 2014 kemarin.
Misalnya jika anda saat ini punya 100 lot saham BWPT maka anda akan mendapatkan RI sebanyak 600 lot (kode BWPT-R) secara gratis.
Dengan demikian anda bisa membeli saham BWPT sebanyak 600 lot saham baru (langsung dari emiten/perusahaan) dengan harga per lembar Rp.400 atau sekitar 600 x 100 x 400= Rp.24.juta.

Anda diberi waktu pembeliannya sampai dengan tgl.17 Desember 2014, Teknis silahkan untuk pembelian /pembayarannya ini anda menghubungi sales di sekuritas anda masing2.
Berapakah HARGA TEORITIS saham BWPT setelah CUM RI ? Kita lihat kemarin sore (tgl.3 Des) harga penutupan saham BWPT adalah Rp.498 maka HARGA TEORITIS nya adalah (1x498) + (6x400) dibagi 7 = Rp.414 per lembar.
Jadi jangan heran kalau tgl.4 Desember 2014 ini harga saham BWPT akan anjlok dulu dibawah penutupan kemarin, dan hal inilah yang dinamakan DILUSI atau penurunan harga saham karena Aksi Korporasi.

Bagaimana kalau anda tidak mau melaksanakan pembelian sahamnya setelah mendapat Right nya?? Anda memperoleh RI dengan gratis dari Emiten dan Right ini bisa anda jual ke Bursa dengan harga pasar sampai paling lambat tgl.17 Desember 2014. Berapakah HARGA TEORITIS Right nya?? teorinya adalah selisih antara Harga Pasar saham BWPT  dikurangi Rp.400,- Misalnya harga pasar saham BWPT nanti Rp.425 maka Harga Teoritis BWPT-R (Right) adalah Rp.25,- Ini HANYA contoh sja lho....
Tentu harga pasar baik sahamnya BWPT maupun Rightnya (Kode) BWPT-R akan tergantung pasarnya nanti bisa lebih tinggi atau rendah dari harga teoritis tadi.

Bagaimana jika anda semula TIDAK punya saham BWPT tetapi ingin membeli saham tersebut sekarang? Anda tinggal membeli BWPT-R (Right BWPT) tersebut dipasar paling lambat tgl.17 Desember sebelum sesi SATU berakhir. Setelh anda punya Rightnya maka anda tinggal membeli sahamnya seharga Rp.400,- per lembar. Misal anda membeli BWPT-R harganya Rp.30,- / lembar maka berarti Harga Pokok anda untuk saham BWPT Rp.430,- per lembar.

Nah, yang penting bagaimana Prospek saham BWPT ini setelah Right Issue ini? Analisis saya kinerja BWPT akan lebih baik, ini didasarkan pada Fundamental karena Permodalan akan tambah kuat serta pengalaman yg ada Grup Rajawali pembeli BWPT ini mempunyai kinerja yang baik dan punya komitmen yg bagus sehingga rata2 harga sahamnya kembali mengalami kenaikan.
Memang buat investor lama yang mempunyai harga saham BWPT diatas Rp.1000 per lembar merasa dirugikan karena harga sahamnya jatuh lebih 50% dengan adanya aksi korporasi ini.
Andaikata investor masih mempunyai saham BWPT dengan harga Rp.1000,- per lembar dan tidak tega menjualnya (Cut Loss) maka Harga Teoritis untuk investor tersebut adalah (1x1000) + (6x400) dibagi 7 = Rp.485,- per lembar jika investor tersebut setelah dapat  RI dan melakukan penebusan/pembeliannya.

Semoga penjelasan saya ini bisa bermanfaat dan silahkan bagi yang masih ingin bertanya untuk menulisnya dan kirim ke email saya investa.p3m@gmail.com atau Pin 2b7dd5ee.

Pelatihan Aksi Korporasi yang lalu di Semarang sangat diminati oleh peserta karena hal ini sangat berguna bagi investor. Kami akan kembali menyelenggarakan Pelatihan Aksi Korporasi ini di Jakarta dan Surabaya jika banyak yg berminat (minimal 15 Orang).

Salam,

INVESTA
Pin 2b7dd5ee.
Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget