Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

BURSA KIAN MENCEMASKAN

Nampaknya kondisi Bursa kian mencemaskan, DOW dan Eropa masih berguguran, harga minyak dunia kembali rontok di level $ 55, Rupiah melemah 12.700 itu angka terendah lebih 10 th terakhir. Masihkah dianggap wajar??. Mengherankan kalau ada pejabat yang mengatakan pelemahan rupiah dianggap wajar.
Saya lebih baik mengencangkan ikat pinggang dan super hati-hati menyikapi kondisi ini.
DOW turun 0,58% tapi EIDO turun 4,91% !! apakah ini indikasi IHSG akan kembali rontok hari ini?? Semua faktor harus diperhatikan baik eksternal maupun internal.
Kita sebaiknya mencoba realistis melihat kondisi, harapan kita tidak selalu sesuai dengan kondisi yang ada. Untuk itulah kita coba untuk menyesuaikan kondisi pasar.

IHSG kemarin sudah nyaris tutup ke 5100, angka ini biasanya menjadi Index psikologis jadi kalau jebol bisa mengakibatkan kepercayaan investor menjadi kian turun juga yang membuat pelaku pasar mengurangi pembelian, dan ini bisa memperlemah IHSG.
Tentu ini bukan maksud saya membuat pesimis tapi realistis menyikapi kondisi, sebab pengalaman saya waktu jadi investor pemula selalu berpikir pasar akan slalu baik dan saham2 kita akan selalu naik. Slalu membeli saham BC atau BUMN, itu dulu...dengan berjalannya waktu kita harus belajar dari semuanya termasuk psikologi kita untuk tidak emosi sebaliknya harus lebih Sabar dan Disiplin.

Walaupun pilihan lebih sulit tapi ada saja saham2 yang justru melenggang naik seakan gak peduli kondisi pasar, nah kalau kita bisa memilih saham2 tersebut itu artinya kita termasuk investor yang jeli, cermat dan bernasib baik.
Lihat saja kemarin CPRO, GJTL (kebetulan ada di menu saya kemarin pagi), APOL, INDX, UNIT, CPIN harganya malah naik signifikan.
Artinya bila kita mau berusaha melihat kondisi baik makro, sektor dan kinerja emiten serta mau mencari informasi akan kebagian rejeki juga.
Bahkan bagi komunitas yg tergabung dengan Pin BB saya tentang CPRO ini sudah jauh2 saya ulas beberapa kali sejak harga 72 perak.

Marilah kita sikapi kondisi hari ini dengan hati2, dengan trading lebih selektif dalam pilihan, kontrol emisi dan kelola portofolio dengan baik. Kalau perlu melakukan pertukaran saham yang lebih prospek..

Semoga sukses dan kita tetap berbagi info dan pengetahuan tanpa menyalahkan siapapun.

salam,

INVESTA
Pin. 2b7dd5ee
Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget