Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

HARAP2 CEMAS, IHSG KEMBALI MENDEKATI 5000

Mohon maaf sebelumnya karena dua hari tidak sempat menyajikan ulasan Teh Anget pagi hari karena harus menyelesaiakan pekerjaan di Jakarta.

IHSG ternyata belum mampu melewati angka 5100, bahkan kemarin kembali mundur di 5034 atau minus 0,6%. ternyata IHSG tidak selalu sejalan dengan DOW yang terus melaju sehingga menembus Indek tertingginya. Ekonomi AS memang sedang membaik. Kondisi bursa memang mencerminkan kondisi perekonomian negara.

Terakhir saya menyoroti penurunan saham pakan ternak yang turun tajam, ternyata sampai kemarin masih juga berdarah-darah karena ketiga saham sektor ternak MAIN, CPIN dan JPFA mengalami penurunan, bahkan MAIN turun 6%. Masihkan harga saham tersbut belum mencerminkan kewajaran atas penurunan Kinerjanya yang memang anjlok?.
Ini resiko tetapi juga bisa menjadi peluang bila sebagai trader bisa memanfaatkan waktu yang tepat untuk masuk ketika saham tertekan, karena bila penurunan tersebut sudah melewati batas harga wajar maka sangat berpotensi untuk "mantul" menyesuaikan harga wajarnya.

Ingat bahwa investor / trader intu juga dipengaruhi unsur psikologi dan emosional masing2, ada kalanya investor menjual saham secara berlebihan karena panik dan emosi tanpa menghitung harga wajar sahamnya. Demikian sebaliknya  mengejar saham yang naik secara berlebihan takut ketinggalan. Ini yang terkadang bisa membuat investor rugi besar.
Sebaiknya mari kita trading dengan pertimbangan yang masak, kontrol psikologi dan emosi kita dengan memahami parameter Fundamental perusahaan dengan membandingkan harga pasar, nilai buku dan PER sahamnya.

Saya sendiri tertarik mengamati ketiga saham tersebut karena sebenarnya perusahaan yang sudah cukup lama beroperasi, jika penurunan harganya sudah melewati batas kewajaran (saat ini sedang saya hitung) maka saya tertarik untuk masuk dan memanfaatkan pantulan yang mungkin bisa mendapatkan rejeki jangka pendek.

Ada juga saham2 lapis tiga dan sering tidak dilirik investor, tetapi ternyata bisa mendapatkan cuan yang spektakuler (maaf ini bukan maksud saya untuk menganjurkan) seperti INDX, DSFI, SMRU yang akhir2 ini naik lebih 60% hanya dalam hitungan bulan bahkan harian.
Tentu saham2 seperti ini hanya untuk pemain yang benar2 tahan banting dan berani ambil resiko besar karena potensi naiknya juga bisa tak terduga. Tergantung bandar katanya he..hee..
 
Selamat trading banyak saham yang turun, tapi....ada juga yang naik lho..

Salam,

INVESTA
Pin. 2b7dd5ee (hanya untuk komunikasi tentang trading saham)
Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget