Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

DESEMBER KELABU ATAU CERIA YAA

Memasuki bl.Desember IHSG masih dibawah 5200 (5149), tapi angka ini sebenarnya sudah menunjukkan pertumbuhan sekitar 20,40% dibanding akhir Desember 2013 lalu. Bursa Nikkei cuma tumbuh 5,88%, Hangseng tumbuh 2,99%, Kospi minus 1,45%, Straits Time tumbuh 5,48% dan Shanghai tumbuh 24,32%.
Jadi sebenarnya IHSG juga sudah tumbuh lebih baik diantara bursa2 regional lainnya, antara lain  didukung kenaikkan saham2 perbankan besar, properti, konstruksi dan farmasi.
Jadi kalau IHSG th. ini belum bisa tembus 5300 ya harap maklum karena rata2 Price Earning Rationya  juga sudah 19,83  X.

Memang dalam bl.Desember ini bisa saja segalanya berubah, tentu bisa naik lagi atau malah turun kembali, tergantung beberapa hal seperti perkembangan inflasi,defisit perdagangan, nilai rupiah setelah kenaikan BBM lalu. Jika perkembangan positif maka bisa saja lebih mendorong IHSG lebih tinggi tapi kalau diluar ekspektasi maka sebaliknya bisa menekan IHSG lagi.

Tapi bl.Desember ada harapan Window Dressing biasanya,walau juga tidak mutlak. Maka persiapan perlu dilakukan oleh patra investor jangka pendek, siapa tau kebagian rejeki akhir tahun yang kadang bisa lebih tinggi, kalau awak lagi mujur.
Saya sendiri masih ada rasa optimis untuk saham2 MLPL, BJTM, ERAA, JPFA, ADRO serta saham yang tidak populer sebagai bumbu CPRO, INDX dan SMRU.
Dengan harga2 di clossing akhir nopember kemarin punya harapan akhir Desember semoga bisa naik lebih tinggi.

Selama Bl.Desember biasanya transaksi hanya ramai sampai pertengahan bulan saja, selebihnya investor dan fund manager sudah mikir liburan akhir tahun. Jadi manfaatkan bulan ini lebih baik waktu kita untuk trading. Kita juga butuh bekal untuk akhir tahun kan he..hee.. Selamat trading.

Salam,

INVESTA
pin 2b7dd5ee.
Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget