Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

DAMPAK BBM, INFLASI dan BI RATE

Setelah empat hari berturut2 IHSG menanjak akhirnya terjadi koreksi juga, IHSG turun 0,67% (5093). Asing juga net sell 537 M, sektor AGRI dan Mining yang memimpin kenaikan sedangkan INDUSTRI DASAR dan PERDAGANGAN lebih banyak yang turun.
Harga CPO yang semula anjlok beberapa hari terkahir kembali naik sedangka harga MINYAK dunia semalam juga naik 2% walau level ini masih tergolong rendah di $ 76 US. 

Kenaikan BI Rate menjadi 7,75% menjadikan saham2 BANK lebih banyak yg koreksi, dengan perkiraan Inflasi akhir tahun 7,3% maka terjadi selisih 0,45%.
Apabila Bank juga menaikkan suku bunga dana (Deposito dan Tabungan) maka akan menambah Cost Of Money dan bila suku bunga kredit dinaikkan juga maka bisa mengancam potensi Kredit yang tidak lancar.

Memang membutuhkan pertimbangan yang matang tentang suku bunga ini sebab tahun depan kemungkinan the FED menaikkan suku bunganya, ini bisa mengancam perpindahan dana dari negara berkembang ke  AS.

Hari ini mari kita cermati bersama perdagangan akhir pekan apakah akan terjadi pembalikkan IHSG keatas lagi atau tambah turun. Jika bisa kembali diatas 5100 maka tentu lebih baik karena efek psikologi investor akan lebih percaya diri. Tapi sebaliknya kalau anjlok dibawah 5000 maka bisa memicu tekanan jual.

Dalam kondisi ini sebaiknya permainan jangka pendek masih lebih baik dijalankan karena kondisi pasar yang masih rentan untuk menyesuaikan efek kenaikan BBM dan antisipasi Inflasi. Dunia usaha sedang menghitung harga pokok baru tentunya. Kenaikan harga barang juga mengakibatkan daya beli masyarakat menurun, ini yg perlu kita perhatikan buat menentukan pilihan saham kedepan.

Menu saya ?? masih ada saham INAF, BJTM, INDX, INCO dan mulai koleksi ADRO, ANTM, TINS dan LSIP dengan mempertimbangkan kemungkinan pasar farmasi yang akan tumbuh, kenaikan harga nikel dan CPO serta usaha baru dari ADRO yg mungkin menuai hasilnya tahun depan.

Namanya juga usaha....bisa salah bisa benar he..hee.

Salam,

INVESTA
2b7dd5ee. (khusus untuk trader saham dan mohon perkenalkan diri setelah invite)
Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget