Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

SAHAM GROUP

Emiten di Bursa diantaranya banyak yang berasal dari afiliasi grup tertentu, seperti group Bakrie yang lebih dari 10 Perusahaan yang sering juga dikenal dengan grup BUMI. Ada pula group Bhakti atau MNC grup diantaranya BHIT, BMTR, MNCN, BCAP, MSKY. Sedangkan grup Lippo seperti MLPL, MPPA, LPLI, LPPS, LPCK, LPKR meskipun nama2 perusahaannya sudah berganti tetapi pelaku pasar sudah banyak yg paham tentang grup2 tersebut. Ada lagi grup Ciputra seperti CTRS, CTRP, CTRA yg lebih dikenal diusaha properti.

Sekedar sharing buat investor pendatang baru di dunia persahaman selayaknya juga perlu mengetahui tentang perusahaann2 yang diperdagangkan selain jenis usahanya juga perusahaan tersebut punya afiliasi / termasuk grup siapa.
Kita tau naik turunnya harga saham bisa terjadi kapan saja dan dalam kondisi apa saja, dan penyebabnya juga bisa berasal dari berbagai faktor. Bisa Fundamental, Teknikal, Makro ekonomi, kondisi politik dan sebagainya.

Salah satunya juga pengaruh  sesama grup, coba sering kali kita lihat kalau ada saham dalam satu grup naik maka saham2 di grup yg sama cenderung ikut naik. Misalnya BUMI naik maka saham ENRG, VIVA, BRMS cenderung saling menyesuaikan dan sebaliknya.
Karakter2 saham dalam satu grup juga tidak ada salahnya untuk dipelajari bagi teman2 pemula supaya lebih "menjiwai" he..hee. Hal ini mungkin sudah diketahui oleh pemain lama. Tetapi bukan tidak mungkin ada investor lama dan bermodal besar mungkin ada juga lho yg sampai tidak tau jenis usaha saham yang mereka beli sendiri.....aneh kelihatannya tetapi itu mungkin saja terjadi.
Jadi mereka benar2 beli asal-asalan saja, biasanya mereka lebih mengandalkan Tehnikal saja yaitu berdasar pergerakan dan volume tanpa memperhatikan faktor yang lain.

Tentang saham group ini berbeda-beda karakternya juga, terakhir saya mengamati pergerakkan grup LIPPO, saham2 ini bergerak tidak bersama2 seperti grup lain, jadi hanya satu atau dua saham yg bergerak aktif dan searah tetapi saham yg lain dibiarkan bergerak berbeda.
Untuk main di saham ini perlu kesabaran karena selama ini selalu ada saat2 kapan "digerakkan" entah oleh siapa, maksud saya jika ada yang terpaksa kecantol belinya dan harga turun maka sabar saja ada saatnya ditarik keatas kembali. Karena nampaknya grup Lippo tidak akan membiarkan harga saham perusahaannya terpuruk terus. Walaupun kadang saham grup ini juga bisa kejam dengan menekan serendah mungkin harganya.
Jadi sikapi dengan cermat setiap kareakter saham termasuk grup tertentu.

He..hee namanya juga usaha maka segala pengetahuan sebaiknya kita pelajari siapa tau ada manfaatnya.

Salam, Investa
pin. 2b7dd5ee.
Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget