Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

AYUNAN SEMAKIN KENCANG

Wall Street kembali anjlok, DOW minus 1,97% padahal sehari sebelumnya naik 1,64%. Inilah yang saya maksudkan bahwa tidak mudah menebak arah pasar saat ini, kondisi cepat berubah dengan berbagai informasi yang ada.
Kekhawatiran perlambatan ekonomi global menjadi alasan atas penurunan kali ini. Harga minyak dunia kembali jatuh terendah dalam 2 tahun terakhir yaitu US $87 per barel, sehingga harga saham energy turun paling tajam di Bursa Wall Street AS.

Sebagai lokomotif bursa dunia DOW tentu menjadi perhatian pelaku pasar internasional. Kemarin IHSG juga tertarik kenaikan DOW tetapi saperti ramalan saya naiknya tidak setinggi naiknya DOW karena IHSH naik 0,7%.
Maklum Bursa kita masih terganjal juga dengan situasi dalam negeri sehingga beban menjadi lebih berat.
Nah sekarang bagaimana "penerawangan" IHSG hari ini? sepertinya IHSG juga akan kembali ikut turun, berharap kalaupun turun tidak sedalam turunnya DOW, walau EIDO semalam turun 2,4% malah melebihi turunnya DOW..
Sulit kan kalau kita tidak melihat fakta bahwa pasar memang sangat volatile saat ini sehingga konsep investasi itu jangka panjang kadang tidak selalu tepat juga.
Sebaiknya memang menyesuaiakn situasi pasar, kadang trading main pendek juga bisa lebih baik.

Sekalipun sulit di Bursa ini tidak ada yang tidak mungkin, semua serba mungkin jadi peluang selalu juga ada, misalnya memanfaatkan penurunan untuk melakukan pembelian antisipasi jika saham mantul naik kembali.
Atau melakukan short sell atas saham sendiri, yaitu menjual saham kita dan membelinya kembali diharga yang lebih bawah. Artinya saham tetap ditangan dengan memperkecil kerugian karena harga pokoknya jadi turun.

Mari kita tunggu reaksi bursa kita dan menyikapi dengan bijak, tetap sabar, disiplin dan jaga emosi. Tidak bisa menyalahkan siapa2 kecuali kita harus bisa menentukan sikap sendiri.

salam, Investa
pin 2b7dd5ee. (thanks buat yang telah invite, namun pin ini khusus bagi komunitas  investor saham guna sharing bersama).
Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget