Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

IHSG TERJAGA. PILIHAN SAHAM LEBIH PENTING

IHSG masih mixed , kemarin cuma naik 1,2 poin (5145) tapi asing masih net sell dalam beberapa hari terkahir ini. Beberapa saham Bank mengalami tekanan, rupiah semakin melemah terhadap US$ 11.875. Ini tiga indikasi yang sering saya gunakan juga untuk pendekatan analisa pasar setiap hari.
Selain indikasi tersebut (saham bank, nilai rupiah, transaksi asing) saya juga biasa melihat bursa regional dan gobal, serta news yang seperti harga komoditas dan berita2 politik dan keamanan. Setelah itu baru ke TA untuk menentukan kapan masuk dan keluarnya.

Seperti pernah saya ulas sebelumnya bahwa saat ini nampaknya IHSG dijaga dengan rapi sehingga kalau naik atau turun tidak terlalu signifikan. Beberapa saham BC bisa digunakan untuk "penyeimbang". Kemarin saham Bank turun tetapi diimbangi oleh kenaikan saham ASII, INTP dan CPIN yang naik, sehingga IHSG dari minus 0,5% bisa ditutup surplus.
Untuk itu kondisi demikian bisa dimanfaatkan bagi trader ketika ada saham2 BC yang turun bisa langsung mencari saham BC lain yang kira2 dipakai penyeimbang tadi. Hanya sulitnya Bandar besar kadang "memainkannya" pada saat Pre Clossing atau pasar gelap sehingga sulit terdeteksi.

Kalau strategi nya trading jangka pendek memang mau tidak mau hari2nya mesti lebih banyak didepan monitor, kalau perlu sampai melihat satu persatu broker besar sedang transaksi apa saja. Apapun bursa kita masih dikuasai pemain asing sehingga apa boleh buat kalau mainnya di saham BC kita tidak bisa melawan investor asing.

Dengan memperhatikan indikasi2 tersebut diatas maka pilihan sahamnya juga  disesuaikan, itupun kalau indikasinya memang ada sinyal untuk masuk pasar, tapi kalau tidak ada sinyal lebih baik pegang cash dulu.   
Sekedar untuk dicermati dulu, saham JPFA, SMCB, BIPI, AISA, BJTM  kalau sinyal bagus bisa dibuat trading dengan disiplin target yang terukur, maklum saat ini susah dapat cuan banyak kecuali saham lapis dua bisa dapat banyak secara presentase dan tiga tetapi resikonyapun juga seimbang seperti INDX, BIPI, KIJA, DGIK, CNKO dan DOID. Semua sesuai selera masing-masing.

salam, investa
pin 2b7dd5ee (sampaikan "salam investra" jika sudah invite)
Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget