Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

IHSG MASIH RENTAN

Sempat "menghijau" diawal sesi IHSG lunglai diakhir perdagangan Bursa kemarin, mengindikasikan pasar masih rentan. Apalagi asing juga masih lebih senang jualan dibeberapa saham, selama dua hari terakhir asing sudah net sell lebih 1 Triliun.
Berita ekonomi kemarin muncul dari BI yang tetap mempertahankan BI Rate 7,5%, tetapi Rupiah terhadap US Dollar kembali tertekan melemah pada 11.831. Pelemahan rupiah ini juga salah satu pertimbangan saya untuk menebak IHSG dalam jangka pendek yang saya perkirakan antara 5100 - 5225. Dalam ulasan kemarin (TRANSISI) sudah saya anjurkan bagi yang masih punya portofolio potensial gain bisa direalisasikan dulu keuntungannya.

Bursa dua hari terkahir juga diramaikan dengan perdagangan saham2 group Bakrie, dengan berita keberhasilan restrukturisasi utangnya mulai dari jual perusahaan, penundaan jatuh tempo obligasi konversi dan right issue. Harga2 saham group Bakrie sempat melambung bahkan BRMS masuk dalam pengawasan pihak Bursa karena kenaikannya yang cukup signifikan.
Investor / Trader sebaiknya tetap jeli, cerdas dan punya kekuatan mental yang prima untuk trading di saham2 group Bakrie ini, maklum catatan masa lalunya banyak investor yang terjebak parah disaham2 ini. Lihat saja grafik harga sahamnya selama 2 tahun terakhir saja mungkin investor tinggal 25% nilai sahamnya.
Saham2 ini hanya bisa buat trading jangka pendek, bila sudah gain cepat ambil dan kabur menunggu harga bawah lagi.

Bagaimana dengan CPGT ? berita pengusaha Philipina yang menjadi pengendali perusahaan ini telah direspon positip oleh pasar sehingga harganya loncat 18% kemarin. Kalau program2 perusahaan yang diberitakan  itu benar maka tidak menutup kemungkinan CPGT bisa menjadi perusahaan ini akan bangkit kembali setelah sempat terpuruk beberapa waktu lalu dengan permasalahan di afiliasinya. Target 150 bukan tidak mungkin lho...

Secara umum lebih baik tetap hati2 menyikapi kelanjutan masa Transisi ini karena kalau IHSG jebol dibawah 5000 bisa bikin psikologis jatuh lagi. Sebaliknya jika bisa bertahan 5150 sampai kabinet baru terbentuk maka akan ada prospek yg lebih cerah.

salam, investa
pin 2b7dd5ee (bagi yang telah invite harap sampaikan "salam investa")
Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget