Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

PEKAN YANG MENENTUKAN ARAH IHSG

Para pembaca yang budiman,

Pekan ini (tgl.21 Agustus) MK akan memutuskan sidang gugatan Pilpres, apakah MK akan mengesahkan Pasangan Jokowi dan JK menjadi Presiden dan Wakilnya atau sebaliknya mengabulkan gugatan yang ada sehingga Pilpres akan diulang kembali.
Para pelaku pasar tentu akan mencermati kondisi ini sehingga sebelum tgl.21 Agustus market rasanya tidak akan agresif. Investor / trader akan kembali menunggu situasi, sehingga kemungkinan iHSG juga bergerak landai2 saja sementara ini.

Dari berita2 yang dapat saya cermati adalah penurunan harga CPO yang cukup tajam sehingga hati2 untuk saham2 yang bergerak di komoditas ini seperti AALI, LSIP, SGRO. 
Gabungan 3 BUMN yang akan menggarap proyek jalan Tol Medan-Kuala Namu- Tebing Tinggi yaitu JSMR, PTPP dan WSKT menjadi berita positif bagi ketiga emiten tersebut sehingga bisa berpotensi mengerak harga sahamnya di bursa.
Kenaikan BBM yang saya kira hanya menunggu waktu juga bisa disikapi para trader, untuk jangka pendek bisa meningkatkan inflasi tetapi untuk jangka menengah panjang bagus untuk menekan subsidi BBM.

Untuk sektor perbankan dilihat dari Peningkatan Laba maka BJTM merupakan Emiten yang masuk tertinggi kenaikannya setelah Bank MEGA, sedangkan BJBR mengalami penurunan Laba yang tajam dibanding 2013 periode yang sama. Rajin2 saja melihat Kinerja para emiten untuk memilih saham secara Fundamental Analisis.

Dari sisi makro ekonomi sebenarnya kita masih lumayan bagus dengan cadangan devisa yang meningkat, inflasi yang tekendali dan sesuai target sehingga kita tinggal menunggu apakah Rupiah bisa bergerak menguat lagi setidaknya dibawah 11.500 itu lumayan bagus.

Jika hasil keputusan MK bisa sesuai harapan pasar (saya kira semua trader sudah tau apa yang dimaui pasar kan?) maka IHSG akan bergerak naik walaupun tidak terlalu signifikan mengingat IHSG sudah sudah naik 18% sejak awal tahun sehingga kenaikannya juga relatif terbatas.
IHSG kemungkinan akan naik signifikan jika sudah terbentuk pemerintahan baru nanti.
Yang perlu hati2 kalau MK memutuskan mengulang Pilpres, itu bisa panjang masa penantian dan ketidak pastiannya dan bisa ditebak IHSG akan jatuh.

Moga2 semua berjalan lancar dan baik bagi semuanya termasuk para investor saham dan komunitas Investa yang budiman.

salam, investa
pin 2b7dd5ee.
Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget