Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

History repeat itself ?

There nothing new in Wallstreet, sejarah selalu berulang.

Penulis mencatat periode Juni-Juli-Agustus-September, adalah bulan bulan langganan koreksi IHSG setiap tahunnya, kesimpulannya bulan bulan tersebut adalah periode koreksi setelah IHSG mengalami rally panjang, seperti terlihat dalam gambar di bawah ini,

IHSGagt

dalam perjalanan 2 tahun terakhir menurut data chartNEXUS, bulan agustus, tepatnya 17 Agustus, hari Kemerdekaan Indonesia selalu menjadi awal koreksi IHSG menuju titik bottomnya.

IHSG050813

Terlihat pada gambar diatas 17 agustus merupakan awal bearish pada tahun 2011, dan tahun 2013, awal IHSG mencari titik bottomnya,  tahun 2012 adalah pengecualian, koreksi datang lebih cepat pada awal Mei, tapi memang patut dicatat tahun 2012 adalah periode rally bullish setelah IHSG mengalami keterpurukan bearish yang berkepanjangan di tahun 2011.

Pengecualian fenomena bulan agustus juga terjadi di tahun 2009-10, seperti kita ketahui tahun 2009-10 adalah tahun rally bullish, setelah IHSG mengalami tragedi crash ekonomi 2008 subprime mortgage di AS., tetepi pada dasarnya bulan bulan juni sampai september selalu menjadi langganan koreksi IHSG.

Apa yang bakal terjadi di tahun ini, tahun 2014?, apakah posisi tertingi IHSG di level 5150 merupakan awal dari koreksi historis bulan agustus? Wallaualam hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget