Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

RAPORT SMESTER PERTAMA

Selama Semester Pertama 2014 ini IHSG sudah tumbuh 14% dengan sebetulnya cukup menawan karena kalau di deposito kira bunga sekitar 7% sd 8% setahun.
Nah, kini mari  kita membandingkan dengan portofolio kita masing2, jika hasil kita melebihi prestasi IHSG maka kita berbahagia. Apalagi kalau hasil porto anda bisa melebihi NAB Reksa Dana saham terbaik, wow itu anda layak jadi Manajer Investasi.
Tetapi kalau yang terjadi sebaliknya hasil kita dibawah 14% tadi atau bahkan minus?? itu artinya kita mesti introspeksi mungkin ada yg salah atas cara kita investasi / trading. Apapun kondisi pasar faktanya IHSG tumbuh 14% selama 6 bulan jadi kita tidak bisa menyalahkan pasar atas porto kita yg kurang bagus.

Mari kita evaluasi, kalau hasilnya sudah baik kita lanjutkan dan tingkatkan kemampuan kita dalam mengelola investasi masing2, tetapi jika kurang bagus atau minus sebaiknya perbaiki kemampuan kita, atau kesalahan kita.
Kekurangan atau kesalahan itu mungkin disebabkan beberapa hal misalnya; Salah pilih saham karena kita kurang memahami Fundamental maupun Teknikal Analisis, mungkin psikologi kita yang kurang siap, atau kita trading asal beli dan asal jual.
Satu hal lagi yg bisa bikin rugi banyak adalah cara managemen kita sendiri yang salah, termasuk saat menggunakan margin atau fasilitas pinjaman yg diberikan oleh perusahaan sekuritas. Margin memang bisa meningkatkan transaksi kita tapi kalau salah dalam mengatur waktu dan pola trading bisa menyebabkan kita loss banyak. Apalagi margin jangka pendek atau fasilitas T Plus 5, nah jika kita salah pilih saham yg tidak bergerak naik dalam tempo 5 hari kita mesti jualan dalam keadaan rugipun. 
Jadi fasilitas itu sebaiknya hanya digunakan ketika pasar agresif uptrend dan kita mesti trading cepat.

Evaluasi ini sangat diperlukan supaya kita tidak monoton, sikapi pasar, perubahan fundamental ekonomi, sektoral yg sedang baik dan sekali lagi pola trading kita masing2. Kita tidak perlu malu bertanya dan belajar untuk kepentingan investasi kita masing.

Sudah sebulan ini IHSH kita masing diring sempit antara 4838 sd 4942. mungkin sampai habis hari raya nanti. Pasar akan sedikit ramai pada saat berlangsung Pilpres tgl.9 Juli nani, bisa naik bisa turun tentunya. Siapapun yg akan jadi Presiden akan ada gejolak pasar tetapi tidak lama akan kembali normal menyesuaikan kondisi fundamental ekonomi kita. Kalau dilihat investor asing masih sering net buy menandakan kepercayaan mereka masih tinggi, kita lihat saja kelanjutannya.JPFA

Menu pagi ini untuk pola trading jangka waktu 5 hari adalah MLPL, ACES, GJTL,  JPFA, ELSA (BOW).

Kalau kita belum berhasil saat ini semoga kedepan lebih baik.

salam, investa
pin 2b7dd5ee (sampaikan salam investa setelah terkoneksi)
Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget