Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

BURSA BERALIH KE BRASIL ??

Pertanyaan kemarin terjawab, IHSG ternyata belum mampu sentuh 5000 sebaliknya mesti mundur lagi turun 0,76% (4934). Prediksi saya senin lalu bahwa pekan ini akan berakhir paling tinggi 4950.
Tidak mudah memang menebak arah IHSG saat ini karena selain faktor internal juga kondisi ekternal punya pengaruh juga. Lihat saja IHSG sempat mixed beberapa hari lalu itu memperlihatkan investor ragu mengambil sikap.
IHSG adalah salah satu cerminan dari dari fundamental ekonomi kita, kita tau saat ini fundamental kita memang belum ada data positif yg signifikan.

BI kemarin mengumumkan dengan mempertahankan BI Rate ditingkat 7,5% dan Rupiah saat ini masih dilevel 11.800. Dari faktor eksternal pertumbuhan ekonomi diperkirakan tumbuh cuma 2,8%,  semalam DOW kembali terpuruk 0,65% dan  EIDO minus 1%, harga minyak kembali naik level $106.
Hari ini pasar diuji apakah mampu keluar dari mindset bahwa transaksi akan sepi selama acara piala dunia 2014 atau sebaliknya tidak banyak pengaruhnya. Dua peroide yg lalu memang transaksi cukup sepi saat piala dunia transaksi  turun sekitar 20%. Tapi semua tidak ada yg mutlak bukan?

Hari ini perhatikan di sesi pembukaan sampai jam 9.30 lihat arah transaksi asing cenderung net sell atau net buy, biasanya asing akan konsisten dengan net sell atau net buy sejak awal sesi.
Kenapa asing jadi panutan? kita tidak perlu malu mengakui bahwa faktanya asing masih mendominasi pasar kita, itu bukan salah mereka tapi kita sendiri yg harus mampu meningkatkan pengetahuan dan menguasai pasar kita sendiri sehingga kedepan tidak tergantung asing.

Jika pasar masih dalam tekanan, lebih baik sabar dan nmpung saham2 bagus yg harganya lagi ditekan dan berharap pantulan untuk meraih cuan. Memang mungkin tidak bisa banyak tapi bisa dipakai pendapatan harian dengan pola trading cepat.
Saya masih tetap perhatikan saham MLPL, ELSA, ADRO, KAEF untuk trading apalagi dengan harga sedikit turun hari ini, semua hanya prediksi dan resiko tentu tetap ada jadi silahkan dipertimbangakan.
Jika harga minyak bergerak naik terus silahkan juga lirik PGAS, KKGI dan INDY.
Dalam kondisi seperti ini jangan terlalu berharap berlebihan, target secukupnya yg rasional tapi displin akan lebih baik.

salam, investa
pin 2b7dd5ee (sampaikan "salam investa" jika sudah terkonesi)
Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget