Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

TRIK TRANSAKSI PRE CLOSING

Sejak diberlakukannya jadwal serta peraturan perdagangan saham yang  dimana mulai perdagangan jam 09.00 sampai jam 16 00dengan disertai PRA OPENING, PRA CLOSING (15.50 sd 16.00) dan PASCA CLOSING (16.00 sd 16.15) ada "trik" baru memainkan harga saham dan IHSG.
Sebagai Traders kita pasti sudah sering mengetahui bahwa antara MENJELANG CLOSING dan SETELAH CLOSING kadang-kadang ada perbedaan harga saham maupun IHSG yang mengalami perbedaan cukup signfikan.Itu bisanya terjadi pada kategori saham Blue Chip (BC) tetapi jumlah bid dan offernya tidak terlalu banyak, dimana Saham tsb bisa mengalami penurunan atau kenaikan yang signifikan, misalnya saham GGRM, UNVR, AALI, HMSP .

Kenapa saham BC ? karena punya bobot yang tinggi terhadap perhitungan IHSG. Jadi misalnya sebelum Pra Closing IHSG minus 0,8% tetapi pada saat Closing ternyata minus nya TINGGAL 0,3% atau bahkan bisa saja malah menjadi Plus, ternyata ada beberapa saham BC yang "ditarik" keatas beberapa point.Nah kalau yang ditarik itu saham2 BC tadi sampai diatas 5 point maka itu pengaruhnya terhadap IHSG akan sangat siginifikan sekali
Siapa yang menarik?? Tentu pihak2 yang punya kepentingan,.sering disebut2 itulah Bandar besar karena tentu mempunyai uang yang banyak. Berbeda dengan waktu lampau sebelum ada PRA Closing para Bandar termasuk Bandar kecil mengambil harga atas satu atau dua point saja yang penting menjelang Closing jam 16.00 sehingga pas Closing bisa diharga yang diinginkan sang bandar.
Tapi saat ini "permainan" itu dilakukan pada saat Pra Closing dimana Transaksi TIDAK bisa dilihat dimonitor alias pada saat pasar gelap. Karena selama 15 menit itu akan ada "ADU KUAT" mereka yang mau jualan dibawah harga terakhir dengan pihak yang mau membeli setinggi2nya dengan VOLUME YANG TERBANYAK.
Jadi ada dua Jurus untuk membentuk harga Closing yaitu WAKTU yang tepat (Pra Closing) dan Volume yang terbanyak. Kalau masa lalu cuma waktu saja dan itupun transaparan, jadi adu cepat.
Maka dua Jurus itu pulalah yang kemungkinan akan dilakukan para Pihak untuk melakukan WINDOW DRESING pada akhir tahun nanti, anda ingin membuktikan cermati saja peristiwa tersebut....
Satu Trik lagi untuk Kreatif mencari keberuntungan sebagai Traders, yaitu memanfaatkan transaksi saat PRA Closing tadi, dan ini "tidak harus" saham BC artinya bisa saham apa saja. Anda bisa membeli saham SEBELUM Pra Closing dan lakukan penawaran jual kembali diharga BID pada saat Pra Closing sedang berjalan (tetapi usahakan lebih cepat yaitu jam 15.51) agar dapat diurutan pertama. Apabila ada pihak lain yang menarik saham itu keatas pada saat Pra Closing maka saham yang anda tawarkan jual tersebut bisa terjual di HARGA CLOSING (karena HARGA dan VOLUME terbanyak yang akan jadi harga penutupannya).
Begini contohnya; misalnya posisi saham SSIA Bid (beli) diharga 640 dan Ask (jual) 650 usahakan anda beli diharga tertinggi 640 sebelum Pra Closing (jam 15.50) setelah itu anda bisa "Pasang" Jual diharga 640 juga. pada saat Pra Closing dimulai (15.51). Bila pada saat Pra Closing ada pihak yang membeli diharga 650 atau lebih,  maka saham anda akan laku diharga tersebut meskipun pasanya diharga 640.  Jadi anda akan dapat keuntungan minimal satu point kan ? karena beli diharga 640 sedangkan lakunya di harga 650 (itu minimal lho....siapa tau bisa lebih).
Bagaimana resikonya?? kalau saja ternyata pada saat Pra Closing tidak ada pihak yang "menarik" keatas maka berarti saham anda akan laku diharga MINIMAL 640 atau pulang pokok dan rugi Fee/komisi saja.
Sebaliknya bagaimana kalau anda mau coba MEMBELI pada saat Pra Closing? tentu ini tujuannya agar bisa mendapatkan harga termurah. Karena perlu diketahui bahwa transaksi pada saat Pra Closing ini berlaku ketentuan JUMLAH atau VOLUME terbanyak dengan harga TERENDAH ataupun TERTINGGI yang berlaku.
Sehingga dengan menggunakan contoh diatas maka misalnya kalau anda memasang BID saham SSIA saat Pra Closing diharga 640, maka kalau ada pihak yang "Mengguyur" (menjual) saham SSIA di harga 620 misalnya maka anda akan mendapatkan (deal) diharga 620 meskipun anda menawar beli diharga 640 (artinya anda bisa dapat harga lebih murah).
Itulah sekedar Trik untuk memanfaatkan transaksi pada periode PARA CLOSING. Sekedar sharing pengetahuan saja semoga ada manfaatmya.
Salam, investa
Label:

Posting Komentar

Apakah saham yg kita pasang posisi jual di pra closing akan PASTI terjual ?

tidak pasti pak. Harus ada yang membeli pastinya.

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget