Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

MASA MASA SURAM

Kemarin pasar sama sekali tidak memberi kesempatan IHSG di jalur hijau, sepanjang hari terus di zone merah. Angka 12000 bagi US$ nampaknya menjadi semakin sering disentuh, dan kemarin malah di tutup 12.018 kurs tengah BI. Pantesan ihsg rontok kembali 0,58% (4216), asing juga net sell lebih 546 M.
Ini memang saat2 yang menentukan apakah ihsg mampu mencetak gain diatas penutupan th lalu atau tidak, hari2 semakin mendekati akhir th.2014. Sedangkan kondisi rupiah belum ada tanda2 menguat, jadi ingat krisis th,1998 dulu awalnya juga pelemahan rupiah dan pemerintah waktu itu juga mengatakan "ini sementara", "Jangan khawatir", dll, ujungnya berlarut2 dan terjadilah krisis yg hebat.

Memang tidak bisa disamakan antara krisis th.1998 dan 2013 tapi setidaknya kita semua harus belajar dari pengalaman pahit, jangan remehkan pelemahan rupiah hanya dengan alasan menekan defisit perdagangan saja karena akibat lain bisa lebih parah...

Mencermati kondisi ini buat traders dan investor harus siap mental dan strategi khusus mau trading atau invest 3 bulan sekalian, kalau mau invest silahkan masuk dan lihatnya nanti awal th depan.
Tidak banyak yang bisa saya komentari karena belum ada arah pasar yang jelas selain pesan khusus:
"JIKA ANDA BELUM BISA BERUNTUNG SAAT INI SETIDAKNYA HINDARI RESIKO YANG LEBIH BESAR"
semoga sukses.

salam, investa
Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget