Lembaga Pendidikan & Pelatihan Pasar Modal

DEMAM DOLLAR ( $ )

Pertanyaan dalam menu Teh Pagi kemarin  terjawab, selama th,2013 DOW naik 21% dan IHSG turun 0,7%, jadi berlawanan kan? tetapi kemarin ketika secara harian DOW turun, eh..IHSG juga ikut turun (artinya ngikut turunnya gak ikut naiknya gitu lho...).
Apalagi kemarin bursa regional juga turun semua kecuali Shanghai, bahkan Nikkei turun lebih 2%, IHSG sendiri ditutup rontok 1% (4241), US$ sendiri sempat nembus Rp.12000,- ditutup versi BI Rp.11.960,-. Susah sekali Rupiah menguat nampaknya karena bersamaan dengan banyaknya hutang Korporasi dan Pemerintah yang biasanya jatuh tempo bl.Desember ini sehingga membuat tekanan terhadap rupiah semakin berat.

Kalau saya melihat sebetulnya beberapa harga saham sebenarnya sudah jenuh jual, sehingga ketika rupiah sedikit menguat saja harga saham cepat bereaksi positif demikian pula IHSG. Tapi sayang rupiah lebih banyak diatas 11.800. Pantau saja begitu dibawah 11.800 saya optimis IHSG akan loncat lagi. Target saya terendah 4350 sampai akhir tahun masih berlaku syukur bisa lebih tinggi sampai 4500. Semua serba mungkin di bursa saham ini koq... Tapi kalau rupiahnya juga diatas 12000 terus ya...harap maklum IHSG juga akan malas naiknya.
Semalam OIL kembali naik 1% di $97, emas juga naik hampir 2% ($1243), apakah ANTM akan mengikuti kenaikan harga emas dunia? ANTM memang punya keterkaitan dengan harga emas karena sebagian produksinya adalah Emas. Harga emas dunia juga tentu berstandar US$ kan harganya  jadi kalau US$ naik ya berarti dua2nya positif. Monggo silahkan dicermati ANTM nya (tapi kalau salah saya jangan dimarahi ya...) semua sekedar sharing, keputusan ditangan masing2.
UNVR masih tertekan, ini juga akibat naiknya US$ karena biaya Royalty nya dibayar pakai US$ juga kan..selain baru saja UNVR Cum Date pembayaran deviden interim sebesar Rp.330,-  artinya buat pemegang saham UNVR akan mendapatkan deviden tsb pada saatnya.
ADRO memang diuntungkan dengan kenaikan US$ karena berorientasi eksport sehingga kemarin naik lumayan...demikian pula sektor agro/kelapa sawit.
Saham gorengan?? kemarin Bandar sempat menggoyang RBMS setelah ditarik keatas (121) kembali dengan cepat dibanting 104, moga2 tidak ada yg jadi korban saja...
BUMI..??? wah saya gak berani komentar susah diduga, kalau dari sisi FA saat ini sih mengerikan tetapi tidak tau action selanjutnya yg akan dilakukan emiten, yg penting tidak jangan cari korban baru tapi buat pemegang sahamnya untung gitu sajalah....
DOID kemarin naik diatas 33% padahal kalau dilihat dari labanya juga mengalami penurunan, ada action lain. atau hanya permainan BD saja...??
GTBO, kemarin juga naik 23%, ngapain lagi ya....Saham gorengan memang memang menarik siapa tidak tergiur dengan cuan segitu gede dalam sehari? tapi ingat resiko juga bisa datang kapan saja dan bisa tanpa ampun lho...waspadalah...waspadalah...

Kenaikkan OIL ini juga bisa dicermati untuk saham2 yg berkaitan dengan perminyakan dan efeknya bisa ke batubara trmasuk ADRO, HRUM, INDY, MEDC, PGAS, KKGI.
Properti dan konstruksi?? tergantung rupiah.....
PEMBERITAHUAN: Sampai saat ini Pin BB saya belum berfungsi masih dibengkel he..hee, untuk menghubungi saya silahkan lewat YM (hari.prabowo56@yahoo.com) jika ada yg perlu didiskusikan selain lewat email dan sms.

Semoga mendapatkan yang terbaik buat kita bersama...
salam, investa
investalpppm.blogspot.com
Label:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget